Kamis, 05 Januari 2012

Tips agar AC Tetap awet


Alat yang satu ini cukup dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Apalagi keberadaannya mampu mengatur kondisi suhu ruangan sehingga menjadi nyaman. Selain itu, keberadaannya juga mampu meredam polusi. Terutama pada kondisi dimana suatu bangunan berada di area industri yang penuh dengan debu serta bau tidak sedap.

Itulah salah satu fungsi AC (Air Conditioner). Pada kondisi dimana ruangan tidak memungkinkan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, maka AC akan sangat membantu. Misalnya, ruang yang dikelilingi oleh ruangan-ruangan lain.

Namun, bagaimana cara merawat AC agar bisa awet dan tahan lama? Pada intinya agar AC bisa bekerja optimal sehingga kualitas kesejukannya maksimal, maka pastikan seluruh komponen AC selalu dalam perawatan.

AC yang bersih menjadikan seluruh sistem kerjanya bisa berjalan lancar. Tak ada lagi hambatan sirkulasi udara. Kerja komponen AC, seperti kompresor, tak lagi berat. AC pun bisa bertahan lama. Yang terpenting kesehatan  pemakai Oleh karena itu perawatan berkala wajib dilakukan.

AC dan komponennyaAC dan komponennyaAda dua proses pembersihan AC, yaitu “Kecil” yang meliputi unit bagian dalam (indoor), misalnya filter dan penutup AC. Sementara yang “Besar” mencakup komponen indoor (evaporator-nya) dan bagian luar (outdoor). Pembersihan kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu. Pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan perawatan adalah alumunium cleaner (applied), kuas, obeng kembang, tang kombinasi, selotip, plastik, selang air, ember, kain lap dan sprayer./jet pump

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pengerjaan untuk kategori yang “Kecil”:

1. Buka penutup dengan melepas setiap baut pengunci. Lalu siapkan cairan pembersih alumunium dan campur dengan air, perbandingan 1:1.

2. Semprotkan cairan pembersih , mengikuti arah kisi-kisi. Kemudian tunggu lima menit /sampai terlihat debu-debunya terangkat.

3. Siram elemen tersebut dengan air bertekanan. Keringkan sebelum dipasang.

Sementara langkah-langkah pengerjaan yang “Besar” adalah:

1. Buka seluruh penutup indoor unit, dengan cara melepaskan baut penutup, menekan pengancing, lantas menarik penutupnya.

2. Siapkan plastik pelindung untuk melapisi bagian sisi unit. Lapisan ini untuk melindungi panel kontrol AC dan tidak mengotori dinding.

3. Siapkan cairan pembersih elemen aluminium AC(CAMICAL). Campurkan dengan air -perbandingan 1:1. Oleskan/SEMPROTKAN  cairan  searah elemen kisi-kisi evaporator. 

4.bilas sampai bersih  bagian yang disemprot tadi dengan air bertekanan(menggunakan jet pump)
5.keringkan  lalu pasang lagi cover nya. selesai
6.Jangan lupa bersihkan juga bagiaan out doornya.........

selamat mencoba
saran :jangan sekali kali air mengenai PCB AC

ada yang mau ditanyakan  silahkan call:07783302404 (untuk area Batam)
                                                           087831154414(kendal sekitarnya)

atau kirim email ke:mnj_cool83@yahoo.co.id
         



SELAMAT DATANG

CV.MULTI NIAGA JAYA
Alamat:jl.Hang Kesturi ,blok. B06 / 07 ;komp.ORIANA - BATAM.KEPRI . INDONESIA.

Call:0778 330 2404 ;0821 6902 4990 ;0819 2713 0782 ; E-mail :mnj_cool83@ yahoo.co.id

Pengikut

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA