Kamis, 12 Mei 2011

BREEZON REFRIGERANT

Global Warming

Global Warming menjadi isu paling banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Cuaca tidak menentu, udara gerah dan panas, pergeseran musim secara ekstrim, lingkungan rusak, penyakit baru bermunculan dan lain sebagainya adalah dampak nyata akibat Global Warming.

Kita boleh bergembira bahwa banyak orang semakin peduli terhadap lingkungan dan masa depan bumi, Berbagai gerakan Back to Nature, Go Green, maupun B2W sudah menjadi gaya hidup. Namun kesadaran itu sering kali tidak diiringi dengan perilaku dan tindakan konkrit sehari-hari.

PERTAMINA yang sedang bertranformasi menjadi the world class national oil company menghadirkan BREEZON the real green refrigerant. BREEZON adalah inovasi baru refrigerant berbahan dasar hidrokarbon alam yang ramah lingkungan sebagai pengganti refrigerant PERTAMINA sebelumnya yang bernama Petrozon dan MUSIcool.


Why move to natural refrigerant?

Pada tahun 1970-an para ilmuwan menemukan bahwa penggunaan synthetic refrigerant berbahan Fluor berbahaya bagi atmosfir bumi. Sampai sekarang CFC masih banyak digunakan untuk bahan semprot, refrigerant dan solvents. Padahal synthetic refrigerant memiliki nilai GWP (Global Warming Potential) yang sangat tinggi, yaitu 510 kali dibandingkan CO2. Selain GWP yang sangat tinggi, synthetic refrigerant juga memiliki ALT (Atmosphere Life Time) 15. Artinya gas synthetic refrigerant akan bertahan di atmosphere 15 tahun sebelum terurai.

Kalau dihitung sejak synthetic refrigerant ditemukan, diproduksi secara besar-besaran dan dijual secara komersil pada tahun 1950, synthetic refrigerant baru terurai empat kali. Kerusakan lapisan ozon ini berbahaya karena radiasi UV-B yang bisa merusak sel genetik tanaman, binatang dan manusia bisa menerpa permukaan bumi secara langsung. Dampak lingkungan secara tidal langsung adalah konsumsi listrik yang tinggi dan membuat kulit menjadi kering karena cara kerja synthetic refrigerant yang mengikat kandungan air.

Refrigerant Regulations

Penolakan produksi penggunaan refrugerant fluorocarbon telah disepakati dalam Konvensi Wina dan Protokol Montreal 1987. Dengan sangat tegas dinyatakan keharusan penghentian kegiatan produksi dan penggunaannya.

Pemerintah Indonesia telah meratifikasi konvensi tersebut melalui:
Keputusan Presiden RI No. 23 tahun 1992 tentang larangan memproduksi dan memperdagangkan bahan perusak lapisan ozon serta memproduksi dan memperdagangkan barang baru yang merusak lapisan ozon.
SK Memperindang RI No. 111/MPP/KEP/1/1998 tentang larangan impor barang ODS dan barang yang menggunakan bahan ODS terhitung mulai tanggal 27 Januari 1998.
SK Memperindag RI No. 110/MPP/KEP/1/1998 tentang batas akhir perdagangan dan pemakaian bahan ODS terhitung mulai tanggal 1 Januari 2005 (SK tersebut telah ditinjau kembali sehingga Pemerintah menetapkan jadal penghapusan penggunaan CFC secara total tahun 2007).

Our Products

PERTAMINA turut aktif untuk peduli akan lingkungan hidup dengan meluncurjkan BREEZON, the real green refrigerant, yaitu Hydrocarbon (CnH2n+2) atau sering disingkat HC. HC hanya terdiri dari unsur Hidrogen dan Carbon, yang berasal dari alam dan sangat mudah bersenyawa dengan udara sehingga alami dan ramah lingkungan. BREEZON diproduksi dan dipasarkan setelah memenuhi persyaratn teknis sebagai refrigerant. Baik meliputi sifat fisika, thermodinamika serta uji kinerja pada siklus refrigerant.

Hasil pengujian menunjukan bahwa pada kapasitas mesin yang sama BREEZON memiliki banyak keunggulan dibandingkan synthetic refrigerant. Beberapa parameter memberikan indikasi data lebih kecil seperti kerapatan bahan (density), rasio tekanan kondensasi terhadap evaporasi dan nilai viskositasnya. Sedangkan beberapa parameter lain memberikan indikasi data lebih besar seperti efek refrigerasi, COP, kalor laten dan konduktivitas bahan.

Beberapa produk BREEZON
.R-290
Kompatible dengan mesin pendingin yang menggunakan R-22 seperti AC Split dan lain sebagainya.
. R-600a
Kompatibel dengan mesin pendingin yang menggunakan R-134a seperti AC Mobil.
. Blend R-290/R-600a
Kompatibel dengan mesin pendingin yang menggunakan R-12 seperti AC Window, water dispenser, dan lain sebagainya.
Kemasan: 3 kg, 6 kg dan 45 kg.

Our Benifits

Hemat energi
BREEZON mempunyai karakteristik termodinamika yang lebih baik sehingga dapat menghemat pemakaian energi hingga rata-rata 20% dibandingkan refrigerant kelompok fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama.

Ramah lingkungan
BREEZON merupakan bahan hidrokarbon murni sehingga pelepasannya ke udara bebas tidak akan merusak lapisan ozon dan tidak berpotensi menimbulkan pemanasan global

Memenuhi persyaratan internasional
BREEZON memenuhi baku mutu refrigerant secara internasional.

Lebih hemat
BREEZON memiliki sifat kerapatan yang rendah sehingga hanya memerlukan sekitar 30% dari penggunaan refrigerant fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama.

Pengganti untuk semua
BREEZON dapat menggantiukan refrigerant jenis fluorocarbon dan hidrokarbon non PERTAMINA tanpa mengganti komponen maupun pelumas yang digunakan selama ini. Pengganti/pemgisian dapat dilakukan sebagaimana penggunaan refrigerant fluorcarbon dan hidrokarbon pada umumnya.

For more further information:
BREEZON Technical Service Center
Direktorat Refining - Unit Research & Development
Jl. Raya Bekasi Km.20 Pulogadung - Jakarta
Telp. (021) 460 9311-13
Fax. (021) 460 9315

SELAMAT DATANG

CV.MULTI NIAGA JAYA
Alamat:jl.Hang Kesturi ,blok. B06 / 07 ;komp.ORIANA - BATAM.KEPRI . INDONESIA.

Call:0778 330 2404 ;0821 6902 4990 ;0819 2713 0782 ; E-mail :mnj_cool83@ yahoo.co.id

Pengikut

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA